12 November 2011

5 Macam Headline untuk Sales Letter Anda


Headline atau kepala tulisan ini berada di awal paragraf. Headline inilah yang berfungsi untuk menarik perhatian pengunjung Anda pertama kali. Sebenarnya bukan cuma sales letter yang membutuhkan sebuah headline. Tetapi di setiap halaman website kita juga perlu headline untuk mengawali seluruh isi halaman.

Sama seperti halnya headline pada surat kabar, headline ini juga berisi informasi terpenting dalam sales letter atau halaman website Anda. Headline ini harus menarik! Supaya pengunjung jatuh cinta dengan sales letter kita sejak pandangan pertama. Apalagi Anda sedang menawarkan produk. Dengan sales letter yang menarik, pengunjung akan berminat membeli.

Dibawah ini ada beberapa tipe headline yang bisa Anda gunakan untuk sales letter Anda.

1. News Headline
Headline semacam ini berisi informasi yang belum pernah pengunjung ketahui. Biasanya headline jenis ini digunakan untuk mengenalkan produk terbaru yang belum pernah ada. Atau setidaknya belum diketahui orang banyak. Misal, sales letter untuk produk mesin fotocopy warna.

2. Promise Headline
Headline jenis ini menjanjikan sesuatu pada pengunjung jika mereka mengikuti anjuran yang Anda berikan. Misal seperti kalimat, “Segera gabung dan klik join now. Anda akan dapat ebook gratis.!”

3. Selective Headline
Anda bingung apa maksudnya selective headline? Selective headline berarti memilih pengunjung. Headline ini langsung mengarah pada kelompok pengunjung tertentu. Tidak berlaku untuk semua pengunjung. Headline ini khusus untuk sales letter yang produknya memiliki pangsa pasar tertentu.

Misal, “perawatan istimewa bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kesuburan rambut indah Anda.”

Kekurangan sales letter ini tidak menjaring semua pengunjung. Jadi bagi mereka yang tidak punya masalah dengan kesuburan rambut tidak akan membaca sales letter Anda lebih lanjut.

4. Curiosity Headline
Tujuan headline ini sebagai pemancing minat pengunjung agar tertarik membaca sales letter Anda lebih lanjut. Atau dengan kata lain headline jenis ini mampu membuat pengunjung penasaran.

Contoh, “cara aman mengatasi insomnia.” Meski tidak semua orang mengalami insomnia, tapi banyak yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi kesulitan tidur. Karena, sesekali dalam hidup seseorang pasti pernah mengalami kesulitan tidur. Apalagi bagi mereka yang hidup penuh dengan tekanan pekerjaan atau sering mengalami stress.

5. Demand Headline
Biasanya produk dari headline jenis ini bisa menarik semua pengunjung. Ya, pangsa pasarnya lebih luas. Seperti apa?

Misal, “Bagaimana mendapat uang dengan cara mudah? Di sini jawabannya!” semua orang pasti tertarik dengan sales letter demikian. Siapa yang tidak ingin mudah untuk mendapatkan uang? Nah, kalau banyak pengunjung yang penasaran dengan cara mendapat uang dengan mudah, berarti sales letter ini berhasil.

Headline ini biasanya menjawab ambisi banyak orang. Tapi, hati-hati dengan pilihan kata yang Anda gunakan. Sebaiknya, jangan gunakan kata-kata yang berlebihan. Nanti pengunjung malah lari dari situs web Anda. Karena, mereka susah percaya dengan kata-kata yang “selangit”.

Pembagian jenis headline ini tidak bertujuan mengikat kreativitas Anda. Anda boleh juga menggabungkan jenis-jenis headline ini. Selama penggunaanya efektif untuk sales letter produk, penggabungan ini bisa saja.

Yang perlu Anda perhatikan dalam membuat headline adalah jangan menulis headline menggunakan huruf besar semua. Karena, penulisan dalam huruf besar bisa mengurangi minat baca pengunjung dalam membaca sales letter Anda. Anda boleh menggunakan huruf besar untuk kata-kata pilihan dan sifatnya penting. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More