Headline atau
kepala tulisan ini berada di awal paragraf. Headline inilah yang berfungsi
untuk menarik perhatian pengunjung Anda pertama kali. Sebenarnya bukan cuma
sales letter yang membutuhkan sebuah headline. Tetapi di setiap halaman website
kita juga perlu headline untuk mengawali seluruh isi halaman.
Sama seperti halnya
headline pada surat kabar, headline ini juga berisi informasi terpenting dalam
sales letter atau halaman website Anda. Headline ini harus menarik! Supaya
pengunjung jatuh cinta dengan sales letter kita sejak pandangan pertama.
Apalagi Anda sedang menawarkan produk. Dengan sales letter yang menarik,
pengunjung akan berminat membeli.
Dibawah ini ada
beberapa tipe headline yang bisa Anda gunakan untuk sales letter Anda.
1. News Headline
Headline semacam
ini berisi informasi yang belum pernah pengunjung ketahui. Biasanya headline
jenis ini digunakan untuk mengenalkan produk terbaru yang belum pernah ada.
Atau setidaknya belum diketahui orang banyak. Misal, sales letter untuk produk
mesin fotocopy warna.
2. Promise Headline
Headline jenis ini
menjanjikan sesuatu pada pengunjung jika mereka mengikuti anjuran yang Anda
berikan. Misal seperti kalimat, “Segera gabung dan klik join now. Anda akan
dapat ebook gratis.!”
3. Selective
Headline
Anda bingung apa
maksudnya selective headline? Selective headline berarti memilih pengunjung.
Headline ini langsung mengarah pada kelompok pengunjung tertentu. Tidak berlaku
untuk semua pengunjung. Headline ini khusus untuk sales letter yang produknya
memiliki pangsa pasar tertentu.
Misal, “perawatan
istimewa bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kesuburan rambut indah Anda.”
Kekurangan sales
letter ini tidak menjaring semua pengunjung. Jadi bagi mereka yang tidak punya
masalah dengan kesuburan rambut tidak akan membaca sales letter Anda lebih
lanjut.
4. Curiosity
Headline
Tujuan headline ini
sebagai pemancing minat pengunjung agar tertarik membaca sales letter Anda
lebih lanjut. Atau dengan kata lain headline jenis ini mampu membuat pengunjung
penasaran.
Contoh, “cara aman
mengatasi insomnia.” Meski tidak semua orang mengalami insomnia, tapi banyak
yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi kesulitan tidur. Karena, sesekali
dalam hidup seseorang pasti pernah mengalami kesulitan tidur. Apalagi bagi
mereka yang hidup penuh dengan tekanan pekerjaan atau sering mengalami stress.
5. Demand Headline
Biasanya produk
dari headline jenis ini bisa menarik semua pengunjung. Ya, pangsa pasarnya
lebih luas. Seperti apa?
Misal, “Bagaimana
mendapat uang dengan cara mudah? Di sini jawabannya!” semua orang pasti
tertarik dengan sales letter demikian. Siapa yang tidak ingin mudah untuk
mendapatkan uang? Nah, kalau banyak pengunjung yang penasaran dengan cara
mendapat uang dengan mudah, berarti sales letter ini berhasil.
Headline ini
biasanya menjawab ambisi banyak orang. Tapi, hati-hati dengan pilihan kata yang
Anda gunakan. Sebaiknya, jangan gunakan kata-kata yang berlebihan. Nanti
pengunjung malah lari dari situs web Anda. Karena, mereka susah percaya dengan
kata-kata yang “selangit”.
Pembagian jenis headline
ini tidak bertujuan mengikat kreativitas Anda. Anda boleh juga menggabungkan
jenis-jenis headline ini. Selama penggunaanya efektif untuk sales letter
produk, penggabungan ini bisa saja.
Yang perlu Anda
perhatikan dalam membuat headline adalah jangan menulis headline menggunakan
huruf besar semua. Karena, penulisan dalam huruf besar bisa mengurangi minat
baca pengunjung dalam membaca sales letter Anda. Anda boleh menggunakan huruf
besar untuk kata-kata pilihan dan sifatnya penting.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
0 komentar:
Tulis Komentar Anda
Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.