28 November 2011

Bagaimana Memilih Web Hosting Yang Baik

Setelah Anda memiliki nama domain dan website, maka langkah selanjutnya adalah menempatkan file-file website Anda tersebut kedalam sebuah web hosting. Agar nantinya profit yang berasal dari website Anda tidak terganggu, sangat penting bagi Anda memilih perusahaan web hosting yang tepat.

Jika Anda ingin mencari perusahaan web hosting pada mesin pencari misalkan pada Google, Anda dapat mencari dengan mengetikan kata kunci “web hosting”, “best web hosting” atau bisa juga dengan kata kunci lain yang sejenis.

Namun Anda akan menemukan banyak sekali perusahaan web hosting yang tersedia. Lalu manakah yang benar-benar layak dan sesuai dengan kebutuhan Anda?

Ada beberapa kriteria yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam memilih sebuah web hosting :

1.    Keamanan data

Anda harus bisa memilih penyedia layanan web hosting yang benar-benar bisa menjamin keamanan data situs web milik Anda. Dan tanyakan pada web hosting yang Anda pilih, apakah perusahaannya membuat backup secara teratur untuk data-data situs web yang dikelolanya.

2.    Support System

Ini merupakan aspek yang sangat penting karena dengan support system yang baik maka jika ada masalah yang berkenaan dengan hosting dan website Anda, akan bisa terlayani dengan baik.

3.    Flatforms yang tersedia

Secara umum Anda akan dapat memilih antara server Windows atau Linux. Pilihlah flatform mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4.    Berapa banyak space dan bandwith yang Anda butuhkan.

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan petimbangkan apakah web ini untuk untuk jangka panjang atau tidak. File-file yang besar tentunya juga membutuhkan space dan bandwith yang besar pula.

5.    Multiple domain atau tidak

Dengan melihat paket hosting yang dalam satu account bisa ada banyak domain (website). Ini bisa menjadi pilihan jika nantinya Anda akan mengelola sebuah website yang memiliki lebih dari satu nama domain.

6.    Kecepatan akses

Banyak perusahaan yang menawarkan kecepatan akses dengan harga yang sangat murah. Lebih baik Anda memilih web hosting yang benar-benar sudah teruji kecepatan akses dan kehandalan servernya.

Anda harus tahu apakah web hosting tersebut bisa diakses dengan cepat baik dari dalam maupun dari luar negeri, dan Anda perlu ingat, siapakah target pengunjung dari situs web Anda tersebut.

7.    Harga

Anda jangan melihat web hosting dari harganya saja, karena dengan harga yang murah biasanya layanannya juga kurang begitu memuaskan. Maka pilihlah web hosting dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi Anda jangan mudah tergiur dengan dengan murahnya harga yang ditawarkan.

Silakan Anda pertimbangkan baik-baik mengenai fasilitas apa saja yang sedang Anda butuhkan, logika sederhananya semakin banyak fasilitas yang Anda dapatkan, tentu saja biaya yang harus Anda keluarkan akan semakin besar.

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More