28 November 2011

Tips Bagaimana Membeli Domain

Untuk bisa memiliki sebuah domain, biasanya Anda dapat membelinya di website penjual domain dan hosting. Membeli nama domain ini hanya bersifat sementara dan cenderung sebagai sewa domain. Harga domain yang ditawarkan bervariasi dan harga berdasarkan kurun waktu tahunan, bisa satu tahun, dua, tiga atau empat tahun.

Nama domain ini biasanya dipasaran ditawarkan dengan harga antara Rp 80.000 sampai Rp 120.000/tahun, dan untuk tahun berikutnya Anda bisa memperpanjang kembali. Domain yang digunakan boleh berakhiran .com, .us, .org, .net, .info dsb.

Berikut ini ada beberapa tips dalam membeli nama domain :

1.    Anda membeli domain pada website terpercaya.

Domain adalah aset yang sangat penting bagi sebuah website atau blog, oleh karena itu berhati-hatilah dalam membeli sebuah domain. Belilah domain pada website yang benar-benar terpecaya. Cari informasi sebanyak mungkin mengenai website tersebut dengan bertanya kepada teman Anda sudah menggunakannya, mencari informasi dari forum-forum di internet, mesin pencari seperti google dsb.

2.    Penjual domain tersebut mudah untuk Anda hubungi.

Belilah domain pada website yang penjualnya mudah untuk di hubungi, baik melalui telephone, live support, yahoo messenger, atau email. Pastikan juga bahwa penjual tersebut mempunyai alamat kantor atau rumah yang jelas sehingga apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, maka Anda bisa mendatangi langsung tempat tersebut.

3.    Anda mendapatkan fasilitas domain kontrol.

Setelah membeli sebuah domain Anda nantinya mendapat akses penuh ke panel kontrol domain. Sehingga Anda dapat dengan mudah untuk mengubah Name Server (ns) domain Anda karena dari situ Anda nantinya dapat menentukan mau menggunakan hosting dari mana saja.
Untuk memastikan bahwa Anda nantinya akan mendapatkan kontrol domain, Anda dapat membaca keterangan pada websitenya, atau tanyakan langsung melalui live support, yahoo messenger, form kontak atau email.

4.    Domain Anda nantinya dapat ditransfer ke tempat lain.

Keadaan terkadang tidak semuanya selalu menyenangkan, ada kalanya kita menemukan hal yang tidak kita diinginkan. Jika Anda membeli sebuah nama domain, tanyakan juga bahwa apakah jika suatu saat nanti Anda ingin memindahkan domain tersebut ke tempat yang lain apakah bisa atau tidak?

5.    Jangan tergiur dengan harga murah.

Harga yang tidak wajar mungkin harus Anda jadikan sebuah pertimbangan. Harga domain dipasaran berkisar antara Rp 80.000 sampai Rp 120.000, jika Anda menemukan website yang menjual harga katakanlah Rp 30.000 atau Rp 40.000 maka itu wajib Anda curigai. 

Ini adalah strategi penjual bagaimana menarik calon pembeli. Oleh karenanya baca benar-benar keterangan yang mereka berikan saat Anda mau membeli domain. Jika perlu, tanyakan terlebih dahulu, berapa harga perpanjangan untuk tahun berikutnya.

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More