28 November 2011

Tips Bagaimana Memilih Nama Domain

Nama domain adalah sebuah alamat dari toko Anda. Jika pengunjung ingin mengakses website Anda, maka nama domainlah yang akan mereka ketikkan misalnya Yahoo.com, Google.com, Facebook.com dsb, ini adalah beberapa contoh dari nama domain.

Nama domain ini bersifat unik, artinya satu nama domain hanya berlaku untuk satu kepemilikan dan tidak dapat digunakan kembali oleh pihak lain diseluruh dunia. Domain yang sudah terpakai, tidak akan dapat digunakan kembali oleh pihak lain.

Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih nama domain

1. Simpel dan mudah untuk diingat.

Pastikan bahwa nama domain yang Anda pilih mudah diingat, diucapkan, atau dituliskan. Oleh karena itu pemilihan nama domain harus tepat. Penggunaan nama domain yang terlalu panjang dapat menyulitkan dalam penulisan atau susah untuk diingat. Usahakan nama domain Anda hanya terdiri dari satu, dua, atau tiga kata saja. Misal : resepistimewa.com, virtual-profit.com, 3dcovergraphic.com dsb.

2. Mewakili nama perusahaan atau produk Anda.

Jika domain yang digunakan adalah untuk tujuan website perusahaan atau produk, usahakan bahwa nama domain yang digunakan adalah sesuai dengan nama perusahaan atau produk terkait. Misalnya :
britishairways.com, mandalaair.com, garuda-indonesia.com dsb.

3. Nama domain yang spesifik dan focus.

Nama domain yang lebih terfokus atau spesifik akan lebih baik. Misal nama domain Anda resepistimewa.com lebih spesifik dibanding dengan nama domain resep.com atau istimewa.com

4. Nama domain mengandung kata kunci.

Sebaiknya domain Anda mengandung kata kunci yang ditargetkan. Misal jika blog atau website Anda nantinya berhubungan dengan media komputer, maka seharusnya dalam domain Anda sebaiknya ada kata komputer. Misalnya : trikkomputer.com, tokokomputer.com, tipskomputer.com, komputersecond.com dsb.

Nama domain yang mengandung unsur kata kunci ( keyword ) merupakan salah satu pendukung dalam SEO, sehingga nantinya ranking blog atau website Anda di search engine mendapatkan posisi yang baik.

Jadi sekarang saatnya Anda memilih sebuah nama domain yang tepat. Anda hanya bisa membeli (menyewa) nama domain dalam jangka waktu tertentu saja. Dan pastinya setiap tahun Anda perlu untuk memperbaharuinya.

Jika Anda ingin mencari nama perusahaan untuk membeli sebuah domain, silahkan Anda cari di http://www.google.co.id lalu ketik “buy domain” atau “beli domain”. Selanjutnya Anda akan melihat ratusan halaman berbagai perusahaan yang menawarkan domain dengan berbagai fitur dan harga yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda.

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More