20 Oktober 2011

Membangun Sebuah Web Bisnis

Ada beberapa tehnik yang bisa Anda gunakan dan jadikan sebagai sumber informasi untuk bisnis baru dan ini bisa Anda jadikan sebagai pegangan praktis dan strategis dalam membangun sebuah web bisnis.

1. Bangun Unique Web Position dalam bisnis Anda.
Apa hal yang paling unik dari produk atau layanan Anda ? Apakah lebih baik dari pesaing Anda atau sama dengan apa yang ditawarkan oleh produkorang lain ? Website online yang sukses tidak akan menyamakan seperti yang sudah ada. Website yang mampu bersaing adalah mereka yang mampu memunculkan sisi unik dari target pasarnya.

2. Unique Web Position lebih penting daripada copy iklan.
Gabungkan antara konsep dan UWP yang bagus akan selalu berhasil meskipun hanya menggunakan copy iklan yang biasa-biasa saja.

3. Jangan hanya menawarkan harga murah, jika tidak menjual produk.
Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memasang harga tinggi pada produk yang ditawarkan. hal ini terjadi karena Anda tidak memposisikan diri untukmempersembahkan produk yang bernilai tambah kepada konsumen Anda.dengan kata lain, berikan selalu nilai tambah pada produk yang Anda tawarkan.

4. Temukan pasar sebelum menciptakan produk.
Orang yang memulai bisnis dengan sebuah produk baru kemudian mencari pasarnya akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Temukan pasar dengan orang-orang yang telah siap untuk membeli sebuah produk.Kebanyakan yang pertama kali dicari oleh pengusaha sukses adalah pasar baru kemudian mengembangkan produk yang secara konstan dicari dan dibeli oleh konsumennya.

5. Temukan kerumunan yang lapar.
Semakin lapar pasar potensial akan produk Anda, kemungkinan untuk sukses akan selalu tersedia. Jangan habiskan waktu Anda untuk mengubah kebiasaan kebiasaan orang dalam membeli. Ciptakan dan temukan produk yang banyak dicari orang.

6. Jangan coba-coba membut pasar.
Temukan pasar yang sudah ada. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengggambarkan siapa prospek Anda sebenarnya, maka Anda akan menghadapi cobaan berat dalam menjual produk Anda. Masuklah kepasar yang telah siap untuk membeli produk Anda.

7. Testing adalah kunci keberhasilan.
Sebuah iklan mungkin bisa bekerja 10 kali lebih efektif dengan iklan lain yang hampir mirip untuk produk yang sama. Untuk itu, Anda harus selalu melakukan test untuk tajuk iklan, penawaran, jaminan, dan metoda meningkatkan permintaan lainnya. Penjual yang paling sukses tidak selalu yang paling pintar. Mereka adalah yang selalu melakukan test untuk memperoleh metoda yang paling baik tanpa pernah menyerah.

8. Alasan melakukan iklan untuk meningkatkan penjualan.
Sebuah usaha kecil tidak akan mampu untuk menganggarkan jutaan rupiah untuk belanja iklan, menciptakan brand name untuk website mereka. Sebagai contoh, banner iklan Anda harus diuji coba untuk meyakinkan bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan dapat meningkatkan keuntungan penjualan.

9. Selalu ada biaya untuk sebuah iklan gratis.
sekecil apapun iklan yang Anda lakukan pati akan menarik ongkos dari anggran, entah dalam bentuk uang maupun waktu. Yakinkan bahwa semua ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. tidak ada satupun yang Anda lakukan yang benar benar gratis.

10. Setiap aspek dari website dan pemasaran Anda harus difokuskan untuk menampilkan UWP Anda kepada konsumen.
Apapun yang Anda lakukan harus selalu difokuskan pada Unique Web Position strategy. File signature, tajuk, order form, free reports, iklan dll. Buatlah konsumen Anda selalu tahu apa yang membuat Anda berbeda dari pesaing Anda.

11. Integrasikan yang Anda lakukan dalam satu strategi.
Aktifitas yang bermacam-macam, free report dan iklan harus difokuskan pada prospek yang sama dan secara terus menerus menggiring prospek ke arah keputusan pembelian. Jangan memfokuskan pada bagaimana mendatangkan jutaan orang untuk mengunjungi website Anda. Sepuluh orang prospek yang siap untuk membeli semua produk yang ditawarkan akan lebih baik dan berguna dibandingkan dengan jutaan orang yang hanya melihat-lihat saja.

12. Rencanakan berbagai aliran pendapatan di muka.
Pada banyak kasus, 50%-90% atau lebih dari keuntungan bisnis internet diperoleh dari tambahan layanan. Jika Anda lalai memberi lebih dari satu jenis produk atau jasa, Anda akan kehilangan sebagian besar keuntungan.

13. Yakinkan Anda menyertakan barang bernilai tambah dalam keseluruhan strategi. Jika Anda menjual dengan harga murah (dibawah Rp. 5.000,-) bukan barang konsumsi, Anda harus menambah nilai pada barang tersebut. Akan lebih mudah menjual sebuah barang berkualitas tinggi seharga 1 juta dibanding menjual 50 barang seharga 50 ribu.

14. Ciptakan wadah internet marketing milik sendiri.
Strategi terbaik yang dapat melibatkan barang berkualitas rendah, sedang maupun tinggi secara bersama-sama adalah menyatukannya dalam sebuah wadah. Contoh, seorang konsultan dapat membuat buku untuk produk biasa, kursus pemasaran untuk penawaran medium. Kemudian untuk penawaran tinggi dengan memberi konsultasi yang sebenarnya.

15. Ambil pasar yang paling Anda sukai.
Jangan mengambil pasar atau produk berdasarkan uang. Temukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai. Jika Anda bersemangat dengan pasar Anda, maka Anda akan menemukan cara yang mudah untuk menggelutinya sampai Anda mencapai kesuksesan.

16. Selalu bersedia berfikir diluar wilayah Anda.
Bersedia untuk memAndang dan berfikir di luar internet untuk menemukan ide-ide maupun strategi-strategi baru yang mungkin dapat membantu meningkatkan keuntungan. Jika sebuah tehnik dapat membantu menaikan keuntungan secara off-line, bisa jadi diterapkan secara online. Satu-satunya cara untuk untuk mengetahui hal itu adalah dengan testing.

17. Tidak ada tehnik pemasaran yang benar-benar baru.
Kita membicarakan tentang tehnik terbaru, tetapi sebenarnya tidak ada tehnik pemasaran yang benar-benar baru. Seseorang diindustri yang berbeda mungkin telah menggunakannya. Jadi tetaplah buka mata, buka telinga dimanapun Anda berada.

18. Sifat manusia selalu sama.
Kaidah pemasaran yang sudah ada sejak 100 tahun yang lalu dan masih berfungsi sampai sekarang adalah sifat manusia tidak akan berubah. Contoh, konsumen akan lebih tertarik kepada dirinya sendiri dibanding dengan bisnis Anda. Orang masih menginginkan keuntungan dasar bagi dirinya sendiri bukan orang lain.

19. Temukan kesempatan yang paling mudah.
Jangan pilih produk yang berbiaya 20 juta yang memakan waktu 2 tahun untuk selesai, terutama bila Anda sedang memulai sesuatu. Cari proyek yang hanya memakan waktu satu bulan. Memang cukup melelahkan bila sedang memulai, namun pastikan Anda masih dalam jalur yang benar.

20. Hindari tantangan ketika memilih bisnis.
Tantangan yang sebenarnya akan muncul setelah Anda selesai mendirikan suatu proyek. jadi, temukan proyek yang Anda yakin dapat diselesaikan dalam jangka waktu pendek. Kebanyakan pemula tidak pernah dapat menyelesaikan proyek yang memakan waktu lebih sebulan.

Semua yang tertulis diatas sangatlah mudah untuk diucapkan, tetapi tidak mudah dalam pelaksanaannya dalam bisnis Anda. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda sudah melakukannya selama ini?

Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More