Ada beberapa tehnik
yang bisa Anda gunakan dan jadikan sebagai sumber informasi untuk bisnis baru
dan ini bisa Anda jadikan sebagai pegangan praktis dan strategis dalam
membangun sebuah web bisnis.
1. Bangun Unique
Web Position dalam bisnis Anda.
Apa hal yang paling
unik dari produk atau layanan Anda ? Apakah lebih baik dari pesaing Anda atau
sama dengan apa yang ditawarkan oleh produkorang lain ? Website online yang
sukses tidak akan menyamakan seperti yang sudah ada. Website yang mampu bersaing adalah mereka yang mampu memunculkan sisi unik dari target pasarnya.
2. Unique Web
Position lebih penting daripada copy iklan.
Gabungkan antara
konsep dan UWP yang bagus akan selalu berhasil meskipun hanya menggunakan copy
iklan yang biasa-biasa saja.
3. Jangan hanya
menawarkan harga murah, jika tidak menjual produk.
Dalam beberapa
kasus, Anda mungkin memasang harga tinggi pada produk yang ditawarkan. hal ini
terjadi karena Anda tidak memposisikan diri untukmempersembahkan produk yang
bernilai tambah kepada konsumen Anda.dengan kata lain, berikan selalu nilai
tambah pada produk yang Anda tawarkan.
4. Temukan pasar
sebelum menciptakan produk.
Orang yang memulai
bisnis dengan sebuah produk baru kemudian mencari pasarnya akan mengalami
kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Temukan pasar dengan orang-orang yang
telah siap untuk membeli sebuah produk.Kebanyakan yang pertama kali dicari oleh
pengusaha sukses adalah pasar baru kemudian mengembangkan produk yang secara
konstan dicari dan dibeli oleh konsumennya.
5. Temukan
kerumunan yang lapar.
Semakin lapar pasar
potensial akan produk Anda, kemungkinan untuk sukses akan selalu tersedia.
Jangan habiskan waktu Anda untuk mengubah kebiasaan kebiasaan orang dalam
membeli. Ciptakan dan temukan produk yang banyak dicari orang.
6. Jangan coba-coba
membut pasar.
Temukan pasar yang
sudah ada. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengggambarkan siapa prospek Anda
sebenarnya, maka Anda akan menghadapi cobaan berat dalam menjual produk Anda.
Masuklah kepasar yang telah siap untuk membeli produk Anda.
7. Testing adalah
kunci keberhasilan.
Sebuah iklan
mungkin bisa bekerja 10 kali lebih efektif dengan iklan lain yang hampir mirip untuk
produk yang sama. Untuk itu, Anda harus selalu melakukan test untuk tajuk
iklan, penawaran, jaminan, dan metoda meningkatkan permintaan lainnya. Penjual
yang paling sukses tidak selalu yang paling pintar. Mereka adalah yang selalu
melakukan test untuk memperoleh metoda yang paling baik tanpa pernah menyerah.
8. Alasan melakukan
iklan untuk meningkatkan penjualan.
Sebuah usaha kecil
tidak akan mampu untuk menganggarkan jutaan rupiah untuk belanja iklan,
menciptakan brand name untuk website mereka. Sebagai contoh, banner iklan Anda
harus diuji coba untuk meyakinkan bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan dapat
meningkatkan keuntungan penjualan.
9. Selalu ada biaya
untuk sebuah iklan gratis.
sekecil apapun
iklan yang Anda lakukan pati akan menarik ongkos dari anggran, entah dalam
bentuk uang maupun waktu. Yakinkan bahwa semua ini dapat berjalan sesuai dengan
harapan. tidak ada satupun yang Anda lakukan yang benar benar gratis.
10. Setiap aspek
dari website dan pemasaran Anda harus difokuskan untuk menampilkan UWP Anda
kepada konsumen.
Apapun yang Anda
lakukan harus selalu difokuskan pada Unique Web Position strategy. File
signature, tajuk, order form, free reports, iklan dll. Buatlah konsumen Anda
selalu tahu apa yang membuat Anda berbeda dari pesaing Anda.
11. Integrasikan
yang Anda lakukan dalam satu strategi.
Aktifitas yang
bermacam-macam, free report dan iklan harus difokuskan pada prospek yang sama
dan secara terus menerus menggiring prospek ke arah keputusan pembelian. Jangan
memfokuskan pada bagaimana mendatangkan jutaan orang untuk mengunjungi website Anda.
Sepuluh orang prospek yang siap untuk membeli semua produk yang ditawarkan akan
lebih baik dan berguna dibandingkan dengan jutaan orang yang hanya
melihat-lihat saja.
12. Rencanakan berbagai
aliran pendapatan di muka.
Pada banyak kasus,
50%-90% atau lebih dari keuntungan bisnis internet diperoleh dari tambahan
layanan. Jika Anda lalai memberi lebih dari satu jenis produk atau jasa, Anda
akan kehilangan sebagian besar keuntungan.
13. Yakinkan Anda
menyertakan barang bernilai tambah dalam keseluruhan strategi. Jika Anda
menjual dengan harga murah (dibawah Rp. 5.000,-) bukan barang konsumsi, Anda
harus menambah nilai pada barang tersebut. Akan lebih mudah menjual sebuah
barang berkualitas tinggi seharga 1 juta dibanding menjual 50 barang seharga 50
ribu.
14. Ciptakan wadah
internet marketing milik sendiri.
Strategi terbaik
yang dapat melibatkan barang berkualitas rendah, sedang maupun tinggi secara
bersama-sama adalah menyatukannya dalam sebuah wadah. Contoh, seorang konsultan
dapat membuat buku untuk produk biasa, kursus pemasaran untuk penawaran medium.
Kemudian untuk penawaran tinggi dengan memberi konsultasi yang sebenarnya.
15. Ambil pasar
yang paling Anda sukai.
Jangan mengambil
pasar atau produk berdasarkan uang. Temukan sesuatu yang benar-benar Anda
sukai. Jika Anda bersemangat dengan pasar Anda, maka Anda akan menemukan cara
yang mudah untuk menggelutinya sampai Anda mencapai kesuksesan.
16. Selalu bersedia
berfikir diluar wilayah Anda.
Bersedia untuk memAndang
dan berfikir di luar internet untuk menemukan ide-ide maupun strategi-strategi
baru yang mungkin dapat membantu meningkatkan keuntungan. Jika sebuah tehnik
dapat membantu menaikan keuntungan secara off-line, bisa jadi diterapkan secara
online. Satu-satunya cara untuk untuk mengetahui hal itu adalah dengan testing.
17. Tidak ada
tehnik pemasaran yang benar-benar baru.
Kita membicarakan
tentang tehnik terbaru, tetapi sebenarnya tidak ada tehnik pemasaran yang
benar-benar baru. Seseorang diindustri yang berbeda mungkin telah menggunakannya.
Jadi tetaplah buka mata, buka telinga dimanapun Anda berada.
18. Sifat manusia
selalu sama.
Kaidah pemasaran
yang sudah ada sejak 100 tahun yang lalu dan masih berfungsi sampai sekarang
adalah sifat manusia tidak akan berubah. Contoh, konsumen akan lebih tertarik
kepada dirinya sendiri dibanding dengan bisnis Anda. Orang masih menginginkan
keuntungan dasar bagi dirinya sendiri bukan orang lain.
19. Temukan
kesempatan yang paling mudah.
Jangan pilih produk
yang berbiaya 20 juta yang memakan waktu 2 tahun untuk selesai, terutama bila Anda
sedang memulai sesuatu. Cari proyek yang hanya memakan waktu satu bulan. Memang
cukup melelahkan bila sedang memulai, namun pastikan Anda masih dalam jalur
yang benar.
20. Hindari
tantangan ketika memilih bisnis.
Tantangan yang
sebenarnya akan muncul setelah Anda selesai mendirikan suatu proyek. jadi,
temukan proyek yang Anda yakin dapat diselesaikan dalam jangka waktu pendek. Kebanyakan
pemula tidak pernah dapat menyelesaikan proyek yang memakan waktu lebih
sebulan.
Semua yang tertulis
diatas sangatlah mudah untuk diucapkan, tetapi tidak mudah dalam pelaksanaannya
dalam bisnis Anda. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda sudah melakukannya selama
ini?
Selamat mencoba dan
Semoga bermanfaat.
0 komentar:
Tulis Komentar Anda
Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.