12 November 2011

Meningkatkan Kecepatan Akses Data dan Performa USB Anda

USB (Universal Serial Bus) merupakan port koneksi standar yang digunakan oleh banyak device untuk terkoneksi ke komputer. Mulai dari USB flashdisk, kamera digital, handphone, hardisk eksternal maupun device lainnya menggunakan USB port sebagai port standar yang menghubungkan perangkat tersebut dengan komputer.

Secara default, sistem operasi windows mendukung USB drive untuk quick removal / pencabutan USB Device secara cepat. Ini berarti windows secara default menonaktifkan fungsi write-catching agar USB device bisa dicabut secara langsung bahkan saat lupa menggunakan fitur “safely remove hardware”.

Tahukah Anda tidak berfungsinya fitur write-catching ini membuat performa USB device seperti kecepatan baca, kecepatan copy dan kecepatan akses data dari USB device tersebut menjadi berkurang? Apakah Anda ingin meningkatkan kecepatan akses dan performa dari USB drive Anda tersebut. 

Dan berikut ini adalah langkah – langkahnya:

1. Klik Start -> Control Panel
2. Klik Performance and Maintenance -> System
3. Kemudian muncul System Properties pilih tab Hardware
4. Klik Device manager
5. Klik tAnda + pada “Disk Drive” yang ada di device manager
6. Klik kanan “USB storage device” yang muncul dan klik “Properties”
7. Pilih tab Policies
8. Pilih “Optimize For Performance” dan centang tAnda “Enable write caching on the disk”
9. Klik “OK”

Sekarang fitur write-cathing USB drive Anda telah aktif dan kecepatan akses USB Anda telah meningkat dan optimal. Anda tidak perlu khawatir, karena dengan diaktifkannya fitur write-cathing ini sangat aman dan tidak akan merusak USB device Anda. 

Catatan : Sebelum mencabut USB device tersebut, sebaiknya Anda harus memutuskan koneksi terlebih dahulu dengan “safely remove hardware” yang ada di taskbar windows.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More