2 November 2011

Tips Memilih Modem Internet yang Berkualitas untuk Anda.


Sekarang sedang trend modem “Wireless Internet Mobile” dengan menggunakan teknologi High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) atau disebut juga teknologi 3,5G. Perangkat ini berupa USB Stik Modem GSM / CDMA yang bisa dibawa kemana-mana. Sehingga memungkinkan pengguna Laptop bisa mengakses internet dimana saja dan kapan saja.

Kebanyakan modem yang dijual dipasaran bundling dengan layanan operator sehingga memiliki harga dan kualitas yang berbeda-beda. Edisi kali ini kami akan memberikan tips bagaimana memilih modem internet yang berkualitas untuk Anda.

1. Kualitas Modem.
Sebuah modem yang berkualitas biasanya dapat menangkap sinyal tanpa terputus-putus. Perhatikan juga software modemnya. Driver yang disertakan operating system komputer atau laptop Anda, minimal modem Anda suport terhadap OS yang umum digunakan seperti windows XP dan 7 serta linux atau bahkan Mac. Penginstalan tidak rumit dan cepat terdeteksi oleh komputer (plug and play).

2. Garansi Modem.
Jangan lupa dengan yang satu ini. Ada beberapa toko penjual modem yang tidak memberikan garansi, jadi pilihlah toko yang memberikan garansi terhadap modem yang Anda beli. Jadi bertanyalah terlebih dahulu tentang, syarat-syarat garansi dan service centernya. Umumnya modem tersebut bergaransi antara 6 Bulan s.d 1 tahun.

3. Fasilitas Modem.
Pilihlah modem yang kaya fitur, misalnya support dengan kecepatan 3.6 Mbps dan 7.2 Mbps. Bisa menggunakan slot Micro-SD Card. USB Extension. Fitur Wireless Lan (Wifi). Fitur GPS. Support Eksternal Antena Indoor dan Outdoor, dll. Jadi bila Anda tidak terlalu paham dengan fitur ekstra yang diberikan, maka sebaiknya saya sarankan pilihlah modem yang memilki fitur standar saja.

4. Model Modem.
Jangan tertipu dengan model modem yang mungil. Tidak semua modem yang berbentuk cantik itu berkualitas bagus. Juga hindari modem yang bisa dilipat-lipat, karena konektor USBnya lebih mudah rusak.

5. Software Modem.
Semua modem dilengkapi dengan software untuk mengkonfigurasikan setting internet Anda. Beberapa software modem memiliki settingan internet yang lengkap. Beberapa ada juga yang settingannya tidak dapat dimodifikasi lagi (Modem Locked). Pilihlah modem yang settingannya mudah dan tidak terlock oleh provider internet tertentu. Bila Anda membeli modem yang ter-lock maka Anda tidak dapat mengonta-ganti SIM-Card yang lain. Modem jenis ini biasanya modem yang ter-paket dengan salah satu provider internet.

6. Jenis Modem.
Sesuaikan dengan kebutuhan Anda membeli modem. Jika ingin dipasang di kantor pilih modem ADSL via kabel telepon. Tetapi jika ingin digunakan lebih fleksibel karena pergerakan Anda, pilih modem USB. Ada 2 jenis SIM Card yang digunakan pada modem GSM / CDMA, Card CDMA (Misalnya Fren, Flexi, dll), dan Card GSM (Misalnya Simpati, Three, Mentari, dll). Jadi jangan sampai Anda membeli Modem GSM jika hendak memakai kartu Flexi, begitu pula sebaliknya.

7. Pilihlah modem yang memiliki pelayanan baik
Caranya cek saja di internet merk modem yang ingin Anda ketahui pelayanannya. Cek apakah mereka memiliki online support yang baik seperti ketersediaan driver yang selalu terupdate sehingga support dengan OS di komputer atau laptop Anda. Cek juga ketersediaan upgrade dari software modem tersebut.

8. Cek provider yang mempunyai sinyal kuat di daerah Anda
Tentu Anda ingin tidak ada masalah dalam penerimaan sinyal yang kurang bagus karena akan berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, jadi sebelum membeli modem USB cek kekuatan sinyal dari provider yang akan Anda gunakan. Karena hal ini untuk menentukan jenis modem yang akan Anda beli. Periksa juga paket yang mereka tawarkan untuk pra maupun pasca bayar.

9. Jangan terpengaruh dengan harga murah
Tentu Anda tidak ingin kecewa dengan modem yang akan Anda beli bukan, sebaiknya jangan terpengaruh oleh promosi dengan harga yang sangat murah. Sebab yang Anda cari adalah kualitasnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More