17 Januari 2012

Cara Mudah Menarik Pengunjung Ke Website Anda


Promosi adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam tahap perencanaan dan pembuatan website. Ada banyak sekali media promosi online yang bisa Anda gunakan, agar promosi dapat berjalan lancar dan sesuai keinginan. Ini sangat penting sebab, sebagus apapun produk Anda, dan secanggih apapun sistem yang Anda gunakan, tidak akan berguna bila tidak ada orang yang tahu dan mengunjungi website / blog Anda. 

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan

1. Hadiah Gratis

Selain membuat tulisan yang menarik, ada cara lain yang paling efektif untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog / website Anda yaitu dengan cara memberikan sesuatu yang bersifat gratis. Anda bisa memberikan hadiah gratis, misalnya berupa game, ebook, software, dsb

2. Iklan Baris Gratis

Promosi juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan media iklan baris gratis. Walaupun gratis, media promosi ini juga mampu meningkatkan jumlah trafik bahkan menambah page rank dari blog / website Anda. Promosi dengan menggunakan iklan baris gratis ini bisa Anda jadikan sebagai media alternatif promosi online Anda.

3. Kontes Berhadiah

Jika Anda memiliki modal yang cukup, maka Anda bisa melakukan promos dengan cara menyelenggarakan kontes atau sayembara dengan hadiah tertentu, seperti uang, buku, domain dsb. Aturan bisa Anda tentukan sendiri. Misalnya, meminta para kontestan untuk mereview blog Anda di blog mereka. Yang reviewnya dibaca atau dikomentari banyak orang, maka dialah pemenangnya.

4. Blog Walking

Selain aktif menulis di blog, Anda juga harus pandai bergaul dengan pemilik blog lainnya. Jadi sering-seringlah melakukan blog walking untuk memperkenalkan diri Anda atau memberikan komentar di blog / website orang lain, terlebih lagi kalau kita masih pemula / baru di internet ini.

5. Aktif di Forum

Ada banyak sekali forum dan mailing list yang ada di internet. Anda bisa gabung dan aktif di dalamnya. Jika Anda aktif, Anda akan lebih dikenal oleh anggota di forum tersebut. Tujuannya adalah agar setiap masalah yang muncul bisa dibahas secara bersama-sama. Anda bisa mendaftar di mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Atau Anda bisa mendaftar di situs directory lainnya, misalnya dmoz, blogcatalog, mybloglog dsb.

6. Tuka Menukar Link

Anda bisa melakukan tukar-menukar link dengan pemilik blog / website lainnya untuk mempromosikan website atau blog Anda. Misalnya alamat blog Anda dipasang di blog B dan sebaliknya alamat blog B dipasang di blog Anda. Jadi, cara ini sama-sama saling menguntungkan.

7. Promosi Via Email

Setiap kali Anda berkirim email selalu cantumkan signature pada alamat blog / website untuk berpromosi. sekarang setiap penyedia layanan email sudah memiliki fitur email signature. Anda hanya perlu melakukan perubahan settingan pada email tersebut. Setelah Anda  setting, setiap kita berkirim atau membalas email, signature tersebut juga akan terikirim ke alamat email sipenerima, tanpa harus mengetik ulang.

8. Gabung di Social Network

Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dan efektif  untuk menarik jumlah pengunjung datang ke blog / website Anda. Anda bisa melakukan promosi dengan bergabung di situs social network tersebut misalnya, gabung di twitter, facebook, digg, stumbleupon, goodreads, plurk, mybloglog, dsb.

Kunci suksesnya sebuah website adalah terletak pada banyaknya jumlah pengunjung ke blog / website Anda. Semakin tinggi jumlah pengunjung, maka semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Dengan didukung oleh strategi pemasaran online yang baik dan benar, sehingga akan menghasilkan kunjungan secara konsisten.

1 komentar:

terimakasih buat tips nya sob, boleh dicoba..

Tulis Komentar Anda

Catatan: Mohon komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa Link Iklan dan Bold. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More